Ucapan Salam (Greeting) Dalam Bahasa Bali

Jangan lupa baca juga artikel -> Apa kabar Dalam Bahasa Bali

greeting
sumber: pixabay.com

Indonesia dengan bhineka tunggal ika nya adalah negara adigdaya dengan banyak ragam suku dan budaya. Dalam hal ini Indonesia memiliki banyak juga Bahasa, Bahasa daerah yang saya bagikan kali ini adalah Bahasa bali untuk kalian yang suka bepergian ke daerah-daerah agar lebih bisa berkomunikasi dengan Bahasa daerah yang digunakan.

Dalam tulisan yang mimin bagikan ini membahas tentang greeting atau kalimat sapaan (salam). Kalimat sapaan adalah kalimat yang digunakan untuk menegur orang biasanya digunakan untuk mengawali pembicaraan atau mengucapkan salam. Oke langsung saja gaskan ke pembahasanya.

Jangan lupa baca juga artikel -> Panduan BelajarBahasa Bali Sehari - Hari

Salam memiliki arti mendoakan. Misalnya jika seorang muslim mengucapkan salam Assalamualaikum artinya semoga keselamatan terlimpah untukmu, dan jawabanya Wa’alaikumsalam yang artinya Dan semoga keselamatan terlimpah juga kepada kalian. Untuk kata yang digunakan orang bali yaitu Om Suastiastu karena orang bali notabenya memeluk agama hindu. Dalam Bahasa bali selamat adalah “Rahayuatau bisa juga ditambah semoga “dumogi/dumadak” artinya semoga dalam keadaan baik”. Untuk jawabanya yaitu “Rahajeng” artinya semoga dalam keadaan baik juga. Salam ini tidak ada keterangan waktu penggunaan sama halnya assalamualaikum. Nah untuk Bahasa bali yang menggunakan keterangan waktu mari kita bahas:

Jangan lupa baca juga artikel -> Percakapan Bahasa Bali Tentang Pendidikan

1.      Salam dengan Keterangan Waktu dalam Bahasa bali

Yang pertama kita bahas adalah salam dengan keterangan waktu, Selamat pagi/siang/malam. Selamat dalam Bahasa bali tadi kita sudah bahas yaitu rahayu.

 

Indonesia

Bali

Salam

Balasan

Pagi

Semeng

Rahayu Semeng

Rahayu Semeng

Siang

Tengahi

Rahayu tengahi

Rahayu tengahi

Malem

Wengi

Rahayu wengi

Rahayu wengi

 

 

2.      Salam dengan Keterangan Waktu Khusus

Salam dengan keterangan khusus maksudnya salam yang digunakan untuk mengucapkan selamat pada hari yang diperingati, seperti : Hari Raya, Ulang Tahun Seseorang, Tahun Baru, dan lain-lain:

 

Indonesia

Bali

Salam

Balasan

Hari Raya

Dina Galungan

Rahajeng Dina Kuningan

Rahajeng Dina Kuningan

Ulang Tahun

Wanti Warsa

Rahajeng Wanti Warsa

Matur Suksma

Tahun Baru

Warsa Anyar

Rahajeng Warsa Anyar

Rahajeng Warsa Anyar

           


3.      Salam Pembuka yang Biasa Digunakan Orang Bali

diatas sudah dibahas sedikit tentang om suastiastu yaitu kata sapaan yang sering di gunakan orang bali saat bertemu dengan sesamanya. Om suastiastu bisa diartikan sebagai Hallo, atau umat muslim mengucapkan assalamualaikum. Saat pidato pembukaan atau pun pada saat MC membuka acara biasanya om suastiastu sering digunakan untuk menyapa. Kata Om sendiri merupakan prenawa dalam Weda. Saat ini Salam Om Swastiastu telah menjadi salam resmi. Dikarnakan kerap dipakai dalam sidang-sidang Dewan Perwakilan hingga pertemuan resmi lainnya. Ketika kita membuka dengan om suastiastu untuk mengakhirinya dapat digunakan om shanti yang berarti damai.

 

Oke itu dulu ya. Jangan lupa dipraktikan untuk menambah kosa kata dan pengetahuan kalian, baca juga artikel yang ada diblog ini supaya saya penulis tetap semangat dalam berkarya. Terimakasih sebelumnya saya ucapkan jika ada kekeliruan penjelasan dapat di koreksi di kolom komentar, karena manusia tempatnya salah maka saya penulis mengucapkan mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penyampaian informasi ini.