Belajar Bahasa Bali Contoh Pembuatan Surat Pribadi dalam Bahasa Bali

contoh pembuatan surat pribadi dalam bahasa bali-Hai sahabat dwija.my.id hari ini kita akan membahas contoh pembuatan surat pribadi dalam bahasa bali. apa itu surat pribadi ? Surat pribadi biasanya di tulis tangan dan menggunakan bahasa yang tidak formal, untuk lebih jelasnya berikut ini contoh pembuatan surat pribadi dalam bahasa bali

contoh pembuatan surat pribadi dalam bahasa bali-Surat Menyurat pada jaman dahulu merupakan alat komunikasi yang sangat popular karena jaman dahulu belum ada alat komunikasi canggih seperti pada jaman sekarang. di jaman yang canggih dan modern ini, surat menyurat sudah sangat jarang dilakukan dikarenakan sudah ada smartphone dan social media yang mudah digunakan dan terhubung ke seluruh dunia. Surat pada jaman sekarang hanya digunakan oleh lembaga atau instansi saja, namun mari kita bernostalgia dalam menulis surat pribadi berbahasa bali. dalam penulisan surat pribadi dalam bahasa bali gunakan kata yang tidak begitu formal, untuk surat pribadi dalam bahasa bali tidak perlu mengikuti kaidah  sor singgih bahasanya, karena sifatnya yang pribadi, pemakaian bahasa surat pribadi berbahasa bali tergantung dari keakraban si pengirim dan penerima. berikut contoh pembuatan surat pribadi dalam bahasa bali.


Seraya , 24 – 11 – 2014

Praya katur ring :

ajik tiang sane sayangan tiang

Om suastiastu

malarapan antuk asung kerta wara nugraha ida sang hyang widhi wasa dumogi sareng sami nemu kerahajengan.

Sepengrauh surat tiang puniki dumugi ajin tiange sane ring tongos megae ring denpasar mangda seger tur becik–becik manten. Tiang sareng keluarga ring jumah sampun ngantosang apang bape prasida enggal mulih saking tongos megae apang ngidang sareng–sareng ajak mekejang care biasane iriki pekedek pekenyung. Aji titiang iriki polih prestasi juara 1 tarung karate, kejuaraan bupati karangasem. Dumogi ring sepengerauh aji meriki mersidayang ngicen titiang hadiah.

Sapunika surat tiang mangda aji seger lan rahajeng sareng sami. Titiang sayang bape.

OM Santi, Santi, Santi OM.


Posting Komentar

0 Komentar

close