Ucapan Turut Berduka Cita dalam Bahasa Bali

 

dwija.my.id
Ucapan Turut Berduka Cita dalam Bahasa Bali


Ucapan turut berduka cita dalam bahasa Bali – dapat menggunakan kalimat “Dumogi polih pemargi lan genah sane becik”, artinya semoga mendapatkan jalan dan tempat terbaik. Sedangkan sekarang ini Ucapan turut berduka cita dalam bahasa Bali khususnya untuk umat beragama Hindu biasanya menggunakan ungkapan “amor ing acintya”. Sebagai pengetahuan “amor ing acintya” bukanlah bahasa Bali namun bahasa Sansekerta. Dalam penulisanya ada dua yaitu “amor ing acintya” atau “amor ring acintya”, mana yang lebih tepat? Keduanya tidak salah, akan tetapi karena “amor ing acintya” lebih tepat digunakan karena ketiga istilah artinya bahasa Sansekerta, sedangkan istilah “ring” ialah bahasa Bali halus yang merupakan “pada”.

dalam kepercayaan Hindu sebenarnya ada doa atau mantra waktu kita mendoakan seseorang yg telah meninggal dunia , Berikut ini doa yang digunakan untuk mendoakan seseorang yg telah meninggal dunia adalah sebagai berikut:

Oṁ atma tattwatma naryatma Swadah Ang Ah

Oṁ swargantu, moksantu, sùnyantu, murcantu.

Oṁ ksāma sampurnāya namah swāha.

ialah sekitar : “Ya dewa semoga atma/roh yang mati ini menerima sorga, menyatu denganMu, mencapai keheningan tanpa derita, ampunilah segala dosanya semoga ia menerima kesempurnaan atas pengetahuan dan pengampunanMu”. Doa/mantra di atas lebih sempurna diucapkan saat upacara atau saat kita melayat ke tempat tinggal orang yg sudah meninggal dunia.

Sedangkan ucapan “amor ing acintya” biasa digunakan atau lebih populer dipergunakan terutama pada media sosial Ketika ada kabar duka. Ucapan ini bermakna doa dan harapan semoga orang yang sudah meninggal dunia mendapatkan tempat terbaik yaitu menyatu dengan Sang Pencipta. Ucapan turut berduka cita “amor ing acintya” umumnya digunakan supaya lebih cepat dan singkat ketika berkomentar, Bila ingin lebih lengkap mungkin bisa dibubuhi “Dumogi polih pemargi lan genah sane becik, amor ing acintya“, jadi kombinasi ucapan turut berduka cita pada bahasa Bali dan bahasa Sansekerta.

Demikianlah Ucapan turut berduka cita dalam bahasa Bali, semoga berguna bagi pembaca, Bila terdapat kekeliruan pada penjelasan pada artikel ini, mohon dikoreksi untuk kebaikan bersama.

Posting Komentar

0 Komentar

close