-->

Belajar Bahasa Bali untuk Pemula Mohon Maaf atau Minta Maaf

sumber : orami.co.id

Dwija.my.id-Belajar Bahasa Bali untuk pemula mohon maaf atau minta maaf menjadi hal penting yang wajib dipelajari, terkhusus dalam percakapan Bahasa bali sehari-hari. Mohon maaf juga berkaitan dengan sopan santun, ketika kita berbuat kesalahan sudah seharusnya kita meminta maaf. Dalam Bahasa bali Ada beberapa kata yang dapat digunakan untuk mohon maaf atau minta maaf. Berikut ini diantaranya Belajar Bahasa Bali untuk pemula mohon maaf atau minta maaf.

Nunas Ampura artinya mohon maaf / minta maaf

Nunas Ampura artinya yaitu mohon maaf namun kata ini sering digunakan dikarnakan Nunas Ampura adalah Bahasa bali kategori halus. Contoh kalimat penggunaan kata Nunas Ampura dalam bahasa Bali untuk pemula adalah sebagai berikut:

  • Tiang Nunas Ampura santukan nenten presida rauh rahina mangkin, artinya Saya mohon maaf karena tidak bisa datang hari ini.
  • Tiang Nunas Ampura yening tiang wenten iwang artinya Saya minta maaf kalau saya ada salah.

Nunas Sinampura artinya (minta maaf atau mohon maaf)

Nunas Sinampura memiliki arti dalam bahasa sama dengan Nunas Ampura yaitu minta maaf atau mohon maaf, dalam penggunaanya  Nunas Sinampura sedikit lebih halus dari Nunas Ampura. Contoh penggunaan Nunas Sinampura (mohon maaf) dalam bahasa Bali untuk pemula adalah sebagai berikut:

  • Tiang Nunas Sinampura santukan nenten presida rauh rahina mangkin artinya Saya mohon maaf karena tidak bisa datang hari ini.
  • Tiang Nunas Sinampura yening tiang wenten iwang artinya Saya minta maaf kalau saya ada salah.

Ngidih Pelih  artinya mohon maaf atau minta maaf

Ngidih Pelih  juga memiliki arti sama dengan Nunas Ampura dan Nunas Sinampura namun dalam penggunaanya kata Ngidih Pelih  termasuk tingkatan Bahasa dalam Bahasa bali biasa/menengah, tidak halus dan tidak juga kasar. Sesuai Bahasa Ngidih memiliki arti minta dan pelih memiliki arti salah. Jadi dalam penggunaanya Ngidih Pelih  dapat digunakan untuk kata minta maaf dalam bahasa Bali pemula jika berbicara dengan teman sebaya atau dibawahnya. Contoh penggunaan kata Ngidih Pelih  (mohon maaf) dalam bahasa Bali untuk pemula adalah sebagai berikut:

  • Tiang Ngidih Pelih  kerana tiang sing nyidang teka dina jani artinya Saya minta maaf karena saya tidak bisa datang hari ini. 
NB : namun contoh ini kemungkinan kurang tepat dikarnakan biasanya kata tiang ngidih ini digunakan pada saat kita melakukan kesalahan yang besar
  • Tiang Ngidih Pelih  yen tiang ada pelih artinya Saya minta maaf kalau saya ada salah.

Nunas Iwang artinya mohon maaf atau minta maaf

Nunas Iwang artinya juga mohon maaf atau minta maaf dalam bahasa Bali. Nunas Iwang sama dengan Ngidih Pelih  tetapi dalam penggunaanya Nunas Iwang adalah bahasa halus. Contoh penggunaan kata Nunas Iwang (mohon maaf) dalam bahasa Bali untuk pemula sebagai berikut:

  • Tiang Nunas Iwang santukan tiang nenten presida rauh rahina mangkin artinya maafkan saya karena saya tidak bisa datang hari ini.
  • Tiang Nunas Iwang yening tiang wenten iwang artinya Maafkan saya kalau saya ada salah.

Ampurayang artinya maafkan

Ampurayang artinya maafkan dalam bahasa Bali. Jadi kata ampurayang juga bisa digunakan dalam kalimat mohon maaf atau minta maaf dalam bahasa Bali pemula. Misalnya:

  • Ampurayang tiang santukan tiang nenten presida rauh rahina mangkin artinya maafkan saya karena saya tidak bisa datang hari ini.
  • Ampurayang tiang yening tiang wenten iwang artinya Maafkan saya kalau saya ada salah.

Nah demikian Belajar Bahasa Bali untuk pemula mohon maaf atau minta maaf, semoga bermanfaat. Adapun jika ada kesalahan kata maupun penggunaan bahasanya mohon untuk dikoreksi dikolom komentar. Terimakasih.

DotyCat - Teaching is Our Passion