Keunikan Bahasa Bali Kosa Kata Sama Namun Berbeda Arti

 


Bahasa bali adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat sekitar bali dalam percakapan sehari-hari. pastinya kalian juga tidak asing kan dengan Bahasa bali, sedikit-sedkit pasti kalian tahu tentang Bahasa bali, seperti kata Bli (kosa kata sapaan untuk laki-laki), kata lain yang sering kalian dengar om swastiastu (ucapan salam dalam bahasa bali) dan lain sebagainya. Tapi tahukah kalian, keunikan yang terdapat pada Bahasa Bali. Ternyata Bahasa bali memiliki keunikan, beberapa kosa kata dalam Bahasa bali memiliki kesamaan kosakata dengan Bahasa indonesia dan Bahasa daerah lainya, namun memiliki arti yang berbeda. Nah pada kesempatan kali ini dwija.my.id akan berbagi informasi mengenai kosa kata bahasa Bali yang serupa dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya namun memiliki arti yang berbeda. Langsung saja berikut ini Kosakata bahasa Bali yang artinya beda dari daerah lain namun memiliki kosa kata yang sama.

1. Kenyang

Kosa Kata Kenyang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti kondisi ketika sudah puas makan atau perut telah terisi penuh makanan. Namun dalam Bahasa bali kenyang memiliki arti alat kelamin pria yang mengalami ereksi atau menegang. Jadi perlu kalian ingat dalam menggunakan kosa kata Kenyang dalam Bahasa Bali harus hati-hati karena artinya yang seperti itu.

2. Cicing

Kosa Kata Bahasa bali yang sama dengan daerah lain adalah kosa kata cicing, dalam Bahasa bali cicing memiliki arti anjing namun dalam Bahasa sunda cicing memiliki arti diam. 

3. Mbok

Kosa kata Bahasa bali lainya adalah mbok atau embok. kosa kata mbok dalam Bahasa bali dan Bahasa jawa memiliki kesamaan yaitu sama-sama kata panggilan namun artinya berbeda, mbok dalam Bahasa jawa berarti ibu dan dalam Bahasa bali mbok berarti kakak perempuan.

4. Banyu 

Kosa Kata Banyu dalam Bahasa daerah lain yaitu bahasa Jawa berarti air. tapi kosa kata banyu dalam bahasa Bali berarti air beras (Air Tajin). Sedangkan, Kosa Kata air dalam bahasa Bali adalah toya atau tirta. 

5. Budal 

Kosa Kata Budal dalam Bahasa daerah lain yaitu bahasa Jawa berarti berangkat. Namun siapa sangka dalam Bahasa bali memiliki arti yang Sebaliknya, budal dalam bahasa Bali berarti pulang.  

6. Wayah 

Kosa Kata Wayah dalam Bahasa daerah lain yaitu bahasa Jawa berarti waktu. Sementara, kosa kata wayah dalam bahasa Bali berarti tua/paling tua/dewasa.  

7. Cokot 

Kosa Kata Cokot antara Bahasa bali dan Bahasa daerah lain memiliki kesamaan, sama-sama kata kerja namun dalam artianya cokot dalam bahasa Jawa berarti gigit atau menggigit. Dan dalam bahasa Bali berarti mengambil. 

8. Gedang  

Kosa Kata Gedang antara Bahasa bali dan Bahasa daerah lain memiliki kesamaan, sama-sama nama buah namun dalam artianya Gedang dalam bahasa Jawa berarti pisang. Sedangkan dalam Bahasa bali kata gedang berarti pepaya.

9. Rabi

Kosa Kata Rabi dalam Bahasa daerah lain yaitu bahasa Jawa berarti menikah. Sedangkan kosa kata rabi dalam bahasa Bali berarti istri 

10. Prabu  

Kosa Kata Prabu dalam Bahasa daerah lain yaitu bahasa Jawa berarti raja. Sedangkan, kata prabu dalam bahasa Bali berarti kepala

11. Ngajeng

Kosa Kata Ngajeng dalam Bahasa daerah lain yaitu bahasa Jawa berarti di depan. Namun, kata ngajeng dalam bahasa Bali berarti memakan-makanan.  

12. Ngadek 

Kosa Kata Ngadek dalam Bahasa daerah lain yaitu bahasa Jawa berarti berdiri. Meskipun sama-sama kata kerja, namun ngadek dalam bahasa Bali berarti mencium bau.  

13. Cokor 

Kosa Kata Cokor dalam Bahasa daerah lain yaitu bahasa Jawa berarti kaki, namun dalam tingkatan bahasa Jawa kasar.  Akan tetapi, kata cokor dalam Bahasa Bali memiliki arti kaki namun berbeda dengan Bahasa jawa dalam Bahasa bali cokor masuk kategori tingkatan Bahasa halus. Sedangkan, tingkatan basa kasar dari kaki adalah batis.


Dari ke 13 kata yang menjadi referansi pada artikel ini, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya Bahasa bali memiliki banyak kesamaan dengan daerah lain dalam kosa kata namun berbeda artinya, terlebih pada Bahasa jawa. Bahasa bali kebanyakan sama dengan Bahasa jawa namun tidak sedikit juga kosa kata Bahasa bali sama dengan kosa kata Bahasa jawa. Nah sekian dahulu informasi yang bisa dwija.my.id bagikan. terimakasih


Posting Komentar

0 Komentar

close