MEMPERKENALKAN DIRI DALAM BAHASA BALI BESERTA ARTINYA


Belajar Bahasa Bali- Memperkenalkan diri dalam bahasa bali beserta artinya. Haloo sabat dwija.my.id, selamat datang di blog ini, hari ini kita akan belajar bahasa Bali. Materi apa yang kita bahas kali ini ? Iyaa Benar sekali, Memperkenalkan diri dalam bahasa bali beserta artinya. Nah, bagi kalian yang sedang berlibur di Bali atau pergi ke Bali, tentunya kita akan bertemu dengan masyarakat Bali dengan budaya dan bahasa Balinya. Selain itu kita akan menikmati keindahan panorama alam, seni dan tentunya bahasa Bali yang tidak kalah menarik. Pertama, tentu saja, ketika kita bertemu  orang baru, kita harus saling mengenal. Jadi bagaimana cara berkenalan dengan menggunakan Bahasa bali?. Berikut ini Cara memperkenalkan diri dalam bahasa bali beserta artinya.

Berikut ini contoh dialog dalam Bahasa Indonesia yang nantinya akan diterjemahkan ke Bahasa bali Memperkenalkan diri dalam bahasa bali beserta artinya:

Yuda: Selamat Pagi, ini benar dengan Pak Dwija?

Dwija: Ya benar, anda siapa ya?

Yuda: Saya Yuda dari Jawa. Temennya Putu anak bapak.

Dwija: Ohh, Yuda. Sekarang tinggalnya dimana?

Yuda: Saya tinggal di Denpasar bersama Kakek. 

Dari contoh dialog Memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia diatas. Mari kita rubah ke dalam bahasa Bali, Contoh dialog Memperkenalkan diri dalam bahasa bali beserta artinya. 

1. Yuda: Selamat Pagi, ini benar dengan Pak Dwija?

Rahajeng semeng, niki Pak Dwija nggih?

Kosa kata: Selamat dalam bahasa bali rahajeng, Pagi dalam bahasa bali semeng, Ini dalam bahasa bali niki/puniki, Ya dalam bahasa bali nggih 

2. Dwija: Ya benar, kalian siapa ya?

Nggih patut, ragane sira nggih?

Kosa kata: Ya dalam bahasa bali nggih, Benar dalam bahasa bali patut, Kalian dalam bahasa bali ragane, Siapa dalam bahasa bali Sira

3. Yuda: Saya Yuda dari Jawa. Temennya Putu anak bapak.

Tiang Yuda saking Jawa. Sawitrane Putu okan bapak

Kosa kata: Saya dalam bahasa bali tiang/titiang, Dari dalam bahasa bali saking, Temannya dalam bahasa bali Sawitran/timpalne, Anak dalam bahasa bali anak/okane. 

 4. Dwija: Ohh, Yuda. Sekarang tinggalnya dimana?

Oh Yuda. Ring dija meneng mangkin?

Kosa kata: Sekarang dalam bahasa bali mangkin, Tinggalnya dalam bahasa bali meneng/magenah, Dimana dalam bahasa bali ring dija.

5. Yuda: Saya tinggal di Denpasar bersama Kakek.

Tiang meneng ring Denpasar sareng Pekak

Kosa kata: Saya dalam bahasa bali tiang, Tinggal dalam bahasa bali meneng, Di dalam bahasa bali ring, Bersama dalam bahasa bali sareng, Kakek dalam bahasa bali pekak.

Untuk saat ini cukup sekian dulu Belajar Bahasa Bali. Dipostingan selanjutnya saya akan share Pelajaran Bahasa Bali yang lainnya. Semoga bermanfaat jangan lupa like dan share.

Keywords:

bahasa Bali. belajar bahasa Bali, cara berkenalan dengan Bahasa Bali

Posting Komentar

0 Komentar

close