Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar kalimat Sapaan dalam Bahasa Bali dan artinya

 


Bahasa Bali dan artinya | Indonesia merupakan sebuah negara dengan jumlah pulau yang sangat banyak dan didalamnya juga terdapat berbagai suku dengan ragam bahasanya. Salah satu pulau yang paling terkenal dari semuanya adalah pulau bali, yang dikenal dengan keindahan pulau dewata dan bahasa balinya. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai kalimat sapaan dan juga angka-angka dalam bahasa bali.

Hal Pertama yang perlu anda ketahui mengenai bahasa bali adalah ejaan dan cara pengucapan pada huruf-huruf dalam bahasa bali. Di samping itu, anda perlu juga mengetahui penyebutan angka-angka dalam bahasa bali yang biasanya digunakan saat menghitung sesuatu.

Dalam bahasa Indonesia, anda sudah mengetahu bahwa huruf vokal berjumlah 5, namun dalam bahasa bali, jumlah huruf vokal ada ada 6, yaitu a-i-u-e-o-é.

Adapun untuk huruf konsonannya, hanya ada b-c-d-g-h-j-k-l-m-n-p-r-s-t-w-y.

Dalam bahasa bali Hampir tidak pernah ada penggunaan huruf f-v-q-z. pada kosa kata bahasa bali sehari– hari, kecuali jika ada orang yang mempunyai nama menggunakan huruf-huruf itu.

Itupun seringkali huruf v di baca menjadi huruf p, misalnya nama vinga. Nama vinga pasti berubah penyebutannya menjadi pinga , nama zazkia menjadi saskia, nama iqbal menjadi ikbal , dan nama farhat menjadi parhat.

Setelah anda paham dengan huruf dan ejaan yang umumnya digunakan dalam bahasa bali, maka langkah selanjutnya adalah anda perlu menghafalkan berbagai kosa kata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dalam bahasa bali, khususnya cara menyapa dan cara menyebut angka.

Belajar bahasa bali tidak ada bedanya dengan belajar bahasa asing seperti bahasa ingris ataupun bahasa daerah dari suku lainnya.

Anda perlu menghafal dan memahami berbagai kosa kata dan kalimat serta penggunaannya. Semakin banyak kosa kata yang anda hafal dan pahami dalam bahasa bali, maka akan semakin bisa anda dalam memahami dan bercakap dengan bahasa bali.

Pada artikel ini akan dibahas tentang kalimat sapaan dalam bahasa bali, dan juga cara penyebutan angka yang digunakan berhitung dalam bahasa bali.

1. Kalimat Salam Sapaan Bahasa Bali

1) Selamat Pagi (Rahajeng Semeng)

2) Selamat Siang (Rahajeng Tengai)

3) Selamat Sore (Rahajeng Sanje)

4) Selamat Malam (Rahajeng Peteng atau Rahajeng Wengi)

Posting Komentar untuk "Belajar kalimat Sapaan dalam Bahasa Bali dan artinya"