-->

6 Cara Belajar Bahasa Bali Dengan Cepat

 


 

Cara Belajar bahasa bali dengan cepat sama juga dengan cara untuk belajar bahasa dari daerah lainnya. Keseriusan dan kesungguhan adalah cara dan modal awal  agar anda mudah dan juga cepat dalam mempelajarinya.

 

Proses Belajar ini akan lebih cepat dan mudah jika anda tinggal langsung dan berlatih bicara menggunakan bahasa Bali di sebuah daerah yang dihuni oleh masyarakat suku Bali. Oleh karena itu, untuk bisa memahami dan menggunakannya dengan cepat, maka sangat disarankan agar Anda tinggal selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun dengan masyarakat pengguna bahasa bali.

 

Sebelum anda belajar dan mengenal lebih mendalam tentang bahasa bali, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu Anda mengenal bahasa yang digunakan sehari-hari masyarakat bali. Misalnya kata-kata berikut ini:

 

Patut (benar)

Pelih (salah)

Abedik (sedikit)

Metakon=metaken (tanya)

Mangkin=jami (sekarang)

Nunas lugra (permisi)

Mapamit=mulih (pulang)

 

Seperti halnya bahasa suku jawa, bahasa bali pun kaya akan ragam bahasa. Contohnya pada penggunaan kata “makan”. Kata makan yang sering dipakai untuk manusia dalam bahasa bali adalah “ngajeng”. Adapun untuk binatang digunakan kata “ngamah”. Contoh penggunaannya :

 

Aurora ngajeng-nasi (Aurora makan nasi)

Ayam ngamah-nasi (Ayam makan nasi)

 

Selain penggunaan kata “ngamah” yang sering digunakan untuk binatng seperti ayam, kata ini pun sering dipakai sebagai umpatan atau pun melecehkan seseorang ketika sedang terjadi pertengkaran untuk mengungkapkan rasa marah. Tujuan sebenarnya umpatan tersebut adalah untuk menghina dan merendahkan lawan bicara.

 

Bahasa Bali sendiri terdiri atas 3 tingkatan dan jenis kosakata, yaitu bahasa Bali yang kasar, bahasa Bali pertengahan (umum digunakan) yang sebut juga bahasa Madya, dan yang ketiga adalah bahasa Bali Halus. Bahasa Bali kasar adalah jenis bahasa bali yang secara nilai kesopanan memiliki tingkat kesopanan terendah. Umumnya, jenis bahasa ini dipakai untuk binatang.

 

Bahasa Bali madya atau bahasa pertengahan adalah bahasa bali yang biasanya dipakai dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam interaksi keluarga ataupun di lingkungan masyarakat. Jenis Bahasa Bali madya merupakan bahasa ibu (bahasa umum) asli pada masyarakat Bali, kecuali pada kaum bangsawan.

 

Jenis ketiga yaitu Bahasa Bali Halus, jenis bahasa ini biasanya dipakai oleh kalangan masyarakat kelas atas di daerah Bali, seperti kalangan bangsawan.

 

Jenis Bahasa Bali halus juga sering digunakan sebagai bahasa sapaan informal yang secara umum digunakan menyapa orang yang baru bertemu dan belum dikenal.


Cara Belajar Bahasa Bali Dengan Cepat

Mempelajari dan bisa menggunakan bahasa daerah lain atau pun bahasa asing tentunya menjadi sangat penting saat Anda mengunjungi daerah ataupun negara tersebut. Seperti itu juga halnya saat Anda berkunjung atau berada di daerah Bali, ada baiknya jika Anda pun mempelajari dan minimal mengerti maksud sebagian bahasa Bali.

Hal ini Agar Anda juga dapat berkomunikasi dengan mudah dan baik dengan penduduk setempat asli Bali. Berikut ini adalah beberapa cara yang akan bisa membantu Anda agar lebih mudah saat mempelajari bahasa Bali.

1. Gunakan Kosa Kata bahasa Bali Yang Sudah Dipahami sehari-hari

Akan ada baiknya jika Anda menggunakan kosa kata bahasa Bali yang sudah anda pahami tentang interaksi kehidupan sehari-hari, meskipun jumlah kosakata tersebut baru sedikit. Untuk bisa Mahir dalam semua hal, termasuk juga pada penguasaan bahasa tentu, pastilah diawali oleh kebiasaan menggunakannya. 

2. Gunakan Teknologi dan media elektronik untuk Mendukung Proses belajar

Anda akan bisa dengan mudah untuk mengetahui informasi tentang bahasa Bali jika menggunakan dukungan teknologi dan media yang ada. Apalagi jika anda menggunakan ponsel android dengan berbagai media sosialnya,  proses belajar akan bisa anda lakukan misalnya hanya dengan menonton video tentang belajar bahasa bali dari berbagai media online seperti youtube, ataupun dengan mendownload aplikasi khusus untuk belajar kosa kata bahasa bali. 

 

3. Gunakan Bahasa Bali dengan teman Dari Bali

Proses anda dalam belajar bahasa Bali juga akan bisa lebih cepat jika anda mempraktekkannya dengan teman anda orang bali asli. Sebab, Anda akan perlu lawan bicara saat mempraktekkan kosa kata bahasa bali tersebut, serta perlu mendapat koreksi langsung jika terdapat kesalahan.

4. Mempraktekkan Percakapan dan pengucapan Bahasa Bali setiap Hari

Memperbanyak kosakata Bahasa Bali dan memperbaruinya dengan rutin akan menjadi percuma apabila tidak anda praktekkan. Oleh sebab itu, Anda wajib menggunakan kosakata bahasa bali yang telah Anda pahami setiap hari.

5. Menambah kosakata Baru setiap hari

Tips efektif agar Anda mengetahui kosa kata yang banyak dalam sebuah bahasa yaitu dengan cara menambah kosakata bahasa anda setiap hari, demikian juga dengan bahasa bali. Setidaknya, Anda perlu menambah 3 sampai 5 kosa kata baru setiap harinya.

6. Menambah Jumlah kosakata yang Sering digunakan

Memperbanyak jumlah kosa kata baru untuk sering digunakan sehari-hari akan sangat membantu Anda berproses lebih cepat dalam memahami setiap ucapan dalam bahasa bali. Dalam hal ini, Anda bisa memperkaya kosa kata baru tentang panggilan, kata-kata sapaan, ungkapan dan angka, dan juga hal-hal lainnya. 

DotyCat - Teaching is Our Passion