Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bahasa Bali | Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali

 

Pengenalan Awal Belajar Bahasa Bali
Sumber : Freepik.com

Saat ini banyak orang belajar bahasa Bali mulai dari Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali. Bahasa Bali ialah bagian dari bahasa suku di Indonesia yang merupakan sebuah bahasa Austronesia dari cabang Sundik. 

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya belajar bahasa dan aksara bali sama saja seperti belajar bahasa dan aksara daerah lain. Yang terpenting anda haruslah serius dan bersungguh sungguh agar mudah dan cepat menguasai.

Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali dengan Pengenalan

Apabila Anda ingin Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali dan bicara pakai bahasa Bali, maka cara yang paling gampang menguasainya ialah dengan melakukan hafalan terlebih dahulu. Anda bisa belajar awalan dengan percakapan sehari hari.

Ini adalah sama seperti ketika anda belajar bahasa inggris. Yang mana Anda pun juga bisa secara langsung coba oraktek dengan komunikasi bersama orang asli Bali.

Untuk bisa mulai pelajari materi bahasa Bali ini, penting anda tahu bahwa bahasa Bali visa dibilang gampang bila anda Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali.

Contohnya saja apabila anda akan berbicara pada orang yang usia nya lebih tua dari anda orang yang dihormati, atau mungkin saja orang yang baru anda kenali. Dalam hal ini anda bisa untuk pergunakan jenis bahasa bali halus.

Namun bila anda bicara dengan teman akrab atau yang sudah cukup dikenal dapat pergunakan sebaliknya. Dalam hal ini anda bisa gunakan bahasa Bali yang tak terlalu halus dan terkesan santai.

Mengenal Dasar untuk Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali

Dalam mempelajari bahasa bali, perlu diketahui ada beberapa hal yang haruslah anda perhatikan. Contohnya saja seperti Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali cara dalam pembacaan huruf e dan a diakhir kata.

Namun sebelum anda mengenal jauh tentang bahasa bali, sebaiknya kenali tingkatan bahasanya. Bahasa Bali sendiri terdiri atas 3 tingkatan kosakata, yang pertama adalah bahasa Bali kasar, kedua bahasa Bali Madya, serta ketiga bahasa Bali Halus.

Bahasa bali kasar punya nilai kesopanan yang paling rendah dan kerap dipergunakan untuk binatang. Tingkatan selanjutnya yaitu Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali menggunakan bahasa yang di tengah tengah yakni bahasa Bali madya.

Bahasa ini biasa dipakai untuk percakapan sehari hari bersama keluarga atau lingkungan, serta jadi bahasa asli masyarakat di Bali kecuali untuk kalangan bangsawan.

Untuk Bahasa Bali Halus biasa dipakai masyarakat kelas atas seperti halnya bangsawan. Penggunaan bahasa ini cenderung informal dan biasa digunakan untuk bicara dengan orang yang belum dikenal yang diketahui bila Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali.

Jika berbicara bahasa Bali, ini erat kaitannya dengan aksara Bali yang juga memiliki aksara Bali. Bisa dibilang bahwa penulisan huruf aksara bali ini cenderung hampir sama seperti penulisan pada aksara jawa.

Hal ini dikarenakan keduanya termasuk ke dalam rumpun yang sama yaitu aksara Jawa Kawi. Aksara bali juga sering kali diubah sedikit untuk tulisan dengan bahasa sasak.

Hanya saja, sekarang aksara Bali sudah jarang dipakai dan lebih sering menggunakan tulisan keagamaan Hindu Bali atau pun Tulisan Adat.

Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali, aksara bali ini tetap ada di dalam pelajaran sekolah di Bali dengan 47 huruf, yakni 18 huruf konsonan dengan 7 huruf vokal yang juga harus diketahui.

Belajar Bahasa Bali

Ada begitu banyak aksara Bali yang perlu anda tahu di mana ini berdasarkan jenisnya. Seperti halnya adalah aksara Wreastra yang punya 18 buah aksara yakni ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, ma, ga, ba, nga, pa, ja, ya, serta aksara nya yang merupakan aksara  konsonan.

Lain halnya dengan aksara Swalelita yang mana memiliki sebanyak 47 aksara dengan sebanyak 14 buah aksara swara dengan 33 buah aksara konsonan. Adapun untuk aksara Wijaksara adalah lebih rumit lagi dengan 60 buah aksara.

Namun selain yang sudah disebutkan, ada pula aksara Bali yang dinilai memiliki pembacaan yang paling sulit. Aksara ini ialah aksara Modre yang dilambangkan dengan menggunakan gambar gambar tertentu.

Berdasarkan Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali perlu diketahui pula bahwa dalam penggunaan aksara yang dipakai di dalam penulisan Aksara Bali ini masih dibagi ke dalam 3 bagian.

Bagian yang dimaksud di antaranya ialah yang pertama ada Pangangge Suara, kedua ada Pangangge Ardhasuara, serta yang ketiga ada Pangangge Tengenan.

Dalam memahaminbahasa Bali, ada baiknya ada mempelajari  mulai dari bahasa, aksara hingga sastra Bali itu sendiri. Nah, untuk menguasai lebih baik,  mulailah Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Mengenal Bahasa Bali | Belajar Bahasa Bali, Aksara Bali dan Sastra Bali"