Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Belajar Banyak Hal Mengenai Percakapan Bahasa Bali Tentang Budaya Bali

arak-arakan
ritual aci ngusaba agung


Membahas terkait dengan budaya yang ada di Indonesia tentunya sudah sangat banyak sekali. Ada beragam budaya yang hAgusr mulai dari sabang hingga ke merauke. Semua masyarakat memegang teguh kebudayaan mereka masing masing dan ini menjAgus hal penting dalam hidup.

Bali menjAgus salah satu wilayah yang selalu memegang teguh kebudayaan yang mereka miliki dari waktu ke waktu. Termasuk juga memegang teguh bahasa yang mereka gunakan sebagai sebuah kebanggaan. Banyak percakapan bahasa bali tenang budaya bali yang kini telah hAgusr.

Anda bisa menjAgus salah satu orang yang menikmati mengenai daya tarik yang ada dalam percakapannya. Dengan ini maka Anda akan bisa belajar banyak hal mengenai budaya yang ada di dalamnya. Termasuk juga dalam kaitannya dengan pemabahasaan yang mereka gunakan sehari hari tentunya.

Dalam pembahasan berikut akan kami berikan sedikit uraian mengenai sastra bali beserta juga contoh percakapannya. Anda bisa melakukan pembelajaran mengenai banyak hal mengenai bahasa tersebut. Pastinya hasil maksimal akan bisa Anda dapatkan dari pembelajaran tersebut.

Berikut Adalah Percakapan Bahasa Bali Tentang Budaya Bali Yang Harus Anda Pelajari

Sekilas mengenai sastra bali

Di dalam perkembangan dari sastra bali yang kini sudah hAgusr tentunya ada tujuan tersendiri. Dimana hAgusrnya sastra bali dibuat oleh para sastrawan agar lebih mudah untuk generasi kenal di masa mendatang. Karya sastra yang hAgusr ini tentu memiliki sisi nilai moral yang begitu kuat.

Pengemasan bahasa bali yang lebih mudah untuk di pelajari akan membuat Anda bisa dapatkan kesempatan lebih baik. Sehingga kesempatan untuk lebih mengenal dan belajar bahasa bali lebih mudah. Ini menjAgus poin penting untuk Anda perhatikan jika ingin masuk dalam budaya satu ini.

Percakapan bahasa bali tentang budaya bali yang dapat Anda pelajari

Wayan  sareng timpal nyane malajah kelompok wenten sareng 3 sane malajah kelompok

Kadek               :  Om Swastyastu……!!!

Wayan               :  Om Swastyastu.!! Oo Nyoman, mai dini laku.

Wayan               :  Ampura tiang wau. Om swastyastu Putu Agus.

Putu Agus         :  Om Swastyastu...

Wayan               :  Tiang marasa seneng timpal-timpal suba nyak teka mai,sawireh masan ujan . Biasane masan ujan kene anake ngekoh kija-kija.

Putu Agus         :  Yen tiang tusing je keto... Lamun masan malajah,tiang pasti teka... Sawireh malajah ento penting,ten dados matunda-tunda,kenten nyen Kadek.

Wayan               :  Yakti Kadek raos Putu Agus,...Iraga dados sisya patut jemet malajah, nenten je lali teken geginan antuk malajah.

Kadek               :  Nggih tiang setuju,iraga putu agus sisya lan generasi muda patut jemet malajah...Nah jani lan-lan malajah malu,apang tusing ngelantur.

Putu Agus         :  Napi plajahin malunan timpal-timpal...?

Wayan               :  Sane plajahin malunan indik paplajahan sosiologi.

Putu Agus         :  Tiang nenten uning teken arti sosiologi ne punika..?

Punapi nike artine..?

Kadek               :  Sosoiologi punika ilmu sane mlajahin tentang sosial utawi kemasyarakatan,kebudayaan lan sane tiosan sane berhubungan antuk sosial.

Putu Agus         :  Indik kebudayaan nike napi artinyane..?

Wayan               :  Kebudayaan nika paridikan kebiasaan raga hidup di Bali..Conto , Iraga hidup di bali kebudayaan raga wenten tari-tarian,gamelan,lan sane tiosan.Ring soang-soang negara ngelah kebudayaan,sampun ngerti Putu Agus..???

Putu Agus         :  Oo keto...!!

Tentunya masih ada banyak lagi berbagai macam contoh lainnya mengenai percakapan bahasa bali tentang budaya bali. Semoga dengan adanya sedikit contoh percakapan tersebut Anda bisa banyak belajar mengenai sastra yang ada di wilayah ini.


Posting Komentar untuk "Mari Belajar Banyak Hal Mengenai Percakapan Bahasa Bali Tentang Budaya Bali"