Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa bali yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam 2 bahasa

    

Bahasa Bali
Sumber : Pinterest

    Indonesia kaya akan budaya, suku. sehingga tercetuslah sebutan atau julukan bhineka tunggal ika. Berbeda-beda tapi tetap satu tujuan. Banyaknya suka dan budaya pasti banyak juga ragam bahasanya, misalnya bahasa Bali. Bahasa bali merupakan Bahasa Austronesia (Bahasa kepulauan). Kebanyakan Bahasa Austronesia tidak memiliki sejarah Panjang dalam bentuk tulisan sehingga dalam merekontruksinya menjadi lebih sulit. Bahasa bali banyak ditututkan di daerah kepulauan bali, Lombok bagian barat, dan tidak banyak di ujung timur pulau jawa. Bahasa bali di kepulauan bali sendiri memiliki tingkatan dalam penggunaanya. Dalam istilah jawa disebutnya unggah ungguh Bahasa, mengapa demikian ? hal itu bisa terjadi dikarnakan pengaruh dari zaman majapahit yang menyebarkan Bahasa jawa ke bali, bahkan sampai kerajaan mataram islam, meskipun kerajaan mataram islam tidak pernah menaklukan bali. Tingkatan itu antara lain, Bali Alus, Bali Madya dan Bali Kasar. Jadi setiap berkomunikasi dengan lawan bicara maka penggunaan bahasanya akan berbeda-beda sesuai dengan usia. Bahasa bali yang halus biasa dituturkan  untuk formal contohnya dalam jamuan di tingkat desa adat, meminang Wanita, atau orang muda dengan orang tua. untuk madya biasa digunakan masyarakat menengah contohnya pejabat dengan bawahannya, sedangkan yang kasar dipergunakan untuk Bahasa sehari-hari Ketika bertemu dengan yang seumuran.

Bahasa bali
Sumber : Pinterest

    Jika kalian punya rencana berkunjung ke bali maka siapkan dulu amunisi kalian. Eits. . . maksud dari amunisi ini bukan perbekalan perang ya teman-teman malainkan kita harus sedikit tau tentang budaya dan seluk beluk orang bali, untuk yang paling penting adalah bahasanya. Karena Bahasa dapat lebih mendekatkan kita dengan hal yang baru kita temui. Hal itu bisa terjadi karena komunikasi yang nyambung dan nyaman memberikan dampat keserasian.

    Pada kesempatan kali ini dwija.my.id akan membagikan Bahasa bali yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris. Berikut ini kalimatnya :  

Bahasa Indonesia

Bahasa Bali

Bahasa Inggris

Saya Minta Maaf

Tiyang Nunas Ampura

I'am Sorry

Aku Cinta Padamu

Bli Tresna Adi

I Love You

Aku Suka Lihat Kamu

Tiyang Demen Nyingakin Ragane

I Like To See You

Jalan-Jalan Yuk !

Melali Mih

Lets Walking Around

Sudah Mandi ?

Sampun Mesiram ?

Already Take A Bath ?

Kamu Gila !

Wak'e Buduh !

You Crazy !

Kamu Jahat

Wak'e Ja'at

You Evil

Mimpi Indah Ya

Ngipi Melah Nggih

Happy Sweet Dream

Hati-Hati Dijalan

Alon-Alon Ring Margi

Be Carefull

Anak-Anak Jaman Sekarang

Rare-Rare Jani

Kids Jaman Now

Aku Marah Sama Kamu

Rage Gedeg Jak Wak'e

I'am Angry With You


Nah Bagaimana informasi yang diberikat dwija.my.id apakah membantu kalian ? jika membantu jangan lupa komen dan share untuk memberikan wawasan yang lainya juga. Adapun jika terdapat salah penulisan atau penyebuatan maka penulis meminta maaf. Karena manusia tempatnya salah, kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Terimakasih atas perhatianya

Posting Komentar untuk "Bahasa bali yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam 2 bahasa"